Finch

Mengenal Lebih Jauh Tentang Burung Finch

Apakah Burung Finch Termasuk Burung Yang Cocok Untuk Dipelihara?

Burung Finch termasuk dalam golongan burung passerines atau burung kicau. Burung ini secara umum memiliki rentang kehidupan 4 hingga 7 tahun saja. Namun ada juga yang rentang hidupnya hingga 20 tahun namun hal ini sangat jarang sekali ditemukan.
Burung finch tergolong burung yang berukuran kecil, cukup-tenang, dan aktif. Akan tetapi mereka tidak terlalu suka dengan interaksi langsung manusia. Maka dari itu, burung finch bukanlah tipe burung yang  cocok untuk dapat kita keluarkan dari kandang kemudian kita pegang dan ajak bermain. Karena hal itu justru berakibat membuat mereka jadi stress. Bila kita menginginkan jenis burung yang dapat kita pegang dan kita ajak bermain maka lebih baik pilihan kita adalah memelihara burung kakak tua.
Burung finch lebih baik dipelihara dan dinikmati keindahannya saja dan pada varietas tertentu juga dapat dinikmati kicauannya yang indah. Sebagian besar burung finch mudah untuk dipelihara, dan banyak juga yang diperjual belikan. Seperti burung-burung lainnya, tentunya bila dibiarkan tak terurus maka akan kotor, sehingga kita mesti memperhatikan hal hal sebagai berikut agar burung finch kita sehat:
  1. Makanan yang sehat dan cukup tersedianya air.
  2. Cukup tersedianya sumber kalsium harian ( kulit telur rebus lebih baik)
  3. Telur rebus dan sayuran perlu diberikan paling tidak seminggu sekali.
  4. Kandang memiliki pencahayaan alami dan merata bukan tertutup
  5. Kandang yang besar dan nyaman paling tidak berukuran 30icnh panjangnya
  6. Kandang yang selalu bersih dan sehat (penyemprotan disinfektan sebulan sekali) 
  7. Tenggeran dan tempat makan harus bersih
  8. Pemotongan kuku secara berkala bila perlu
  9. Tersedianya tempat mandi bagi burung
  10. Lingkungan yang tenang serta aman dari predator finch
  11. Akses pengobatan bila burung tersebut sakit
Burung finch sebaikya tidak dipelihara sendirian, tidak juga dipelihara satu sangkar dengan burung lainnya yang berpotensi melukai atau menjadi predator mereka. Burung finch sebaiknya dipelihara berpasangan dan pastikan bahwa kandangnya memadai untuk itu. Dalam satu kandang bisa saja kita pelihara finch dari jenis yang berbeda. Bila kita ingin memelihara dari jenis yang berbeda, maka kita harus meperhatikan pula faktor dominasi spesies tertentu (seperti zebra finch) yang biasanya lebih agresif daripada finch yang lainnya. Kandang yang memadai dan cukup besar sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dan kesehatan burung.
Dalam memelihara finch, ada beberapa hal yang perlu kita pikirkan sebelum kita putuskan untuk membeli burnung finch dan memeliharanya. Diantaranya;
  1. Apakah kita termasuk pemula/ baru pertama kali memelihara burung khususnya finch?
  2. Berapa besar dana dan waktu yang dapat kita berikan untuk memelihara finch?
  3. Apakah tujuan kita memelihara untuk dikembangbiakkan atau tidak?
Bila kita sudah mantap dan yakin dengan tujuan kita memelihara burung finch. Maka kita tinggal tentukan species yang akan kita pelihara dengan memperhatikan kemampuan kita dan karakter burung finch yang akan dipelihara. Sebagai pertimbangan perlu juga untuk melihat jenis burung finch. Semoga informasi ini bermanfaat. [Red/11/2015]

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama