Finch

Membedakan Kelamin Jantan/Betina Gould Amadine

Burung Finch - Gould Amadine atau biasa disebut Gouldian Finch merupakan jenis burung finch yang dikenal paling cantik dengan kombinasi warna yang cerah. Saat kita mau merawat atau menangkarkan burung ini alangkah baiknya bila kita mengetahui tentang sexing atau membedakan jenis kelamin burung Gould Amadine.

Sebetulnya bila kita amati burung Gould Amadine yang telah dewasa maka kita akan mendapati perbedaan mencolok antara burung jantan dan betina. Kita tahu bahwa hal ini disebut sebagai sexualty dimorphic, yakni sebuah keadaan dimana jenis kelamin dapat kita bedakan dari penampilan fisiknya. Diantara perbedaan fisi yang mencolok itu sebagai berikut:

  1. Burung Gould Amadine jantan memiliki warna yang lebih tajam dibandingkan Gould Amadine betina.
  2. Warna kepala dan dada gould amadine betina terlihat lebih pucat/kusam daripada jantan.
  3. Ukuran tubuh betina lebih kecil daripada jantan.

Selain dari penampilan fisiknya, Gould Amadine jantan juga bisa diketahui dengan seringnya berbunyi daripada betina.

Biasanya, gould amadine yang sering dijual belikan dipasar burung adalah gould amadine kepala hitam atau kepala merah. Sedangkan gould amadine kepala kuning sangat susah dijumpai karena semakin langka.

1. Warna Kepala Tajam atau Pucat??
Dalam proses menentukan jenis kelamin gould amadin dapat dilakukan dengan mengamati warna kepala burung ini. Gould amadine jantan memiliki warna yang tajam dan cerah, sedangkan betinanya memiliki warna kepala kusam dan pucat. Sebaiknya mari kita lihat perbedaan kelamin dilihat dari warna warna kepala dari burung cantik ini.
Beberapa warna kepala Gould Amadine Jantan (Warna lebih tajam) 

Beberapa warna kepala Gould Amadine Betina (Warna lebih pucat) 
Metode sexing ketajaman warna kepala ini hanya berlaku untuk gould amadin kepala merah dan kepala kuning saja. Sedangkan untuk gould amadine kepala hitam tidak dapat dijadikan acuan. 

2. Warna pada Lingkar Leher
Kita dapat mengamati garis biru yang melingkari leher si burung cantik ini. Sebab burung jantan memiliki garis biru yang lebih cerah dan tajam dibandingkan garis biru betina yang terkesan samar-samar. Coba kita lihat gambar berikut:
Gouldian finch jantan dan betina
Garis birugouldian finch jantan tampak lebih tajam

3. Warna Dada
Sudah pasti sekali bahwa gould amadine jantan memiliki warna dada lebih tajam dan cerah dibandingkan betina. Hal ini berlaku utuk semua jenis gould amadin kecuali untuk gould amadin berdada putih, sehingga kita harus mengkombinasikan dengan metode diatas.
Warna dada gouldian finch jantan lebih cerah daripada betina 
Demikian informasi yang dapat kami share kepada sobat pecinta burung finch mengenai Cara Membedakan Kelamin Jantan/Betina Gould Amadine. Masih banyak sekali kekurangan yang belum bisa kami lengkapi pada artikel ini. Namun kami harap ini bisa bermanfaat bagi kita yang ingin memelihara dan menangkarkan burung cantik ini. Sekian. [Red. burung Finch: 2/2016]


Lebih baru Lebih lama