Finch

Membedakan Kelamin Jantan/Betina Strawberry Finch

Burung Finch - Strawberry Finch atau Red Avadavat merupakan salah satu jenis burung finch dengan ukuran fisik yang cukup kecil dibandingkan dengan finch lainnya. Burung ini umumnya cukup lincah dan aktif dan suka berkicau dengan suara khas cuitan yang unik.

Sebetulnya tidak terlalu sulit membedakan kelamin jantan dan betina burung strawberry finch ini. Apalagi bila burung dalam usia dewasa. Namun yang perlu diperhatikan adalah pengetahuan mengenai karakteristik jenis kelamin jantan dan betina-nya saja.

Pada saat usia remaja, strawberry finch jantan dan betina lebih sulit dibedakan karena secara warna mereka memiliki kemiripan yang sangat tinggi. Sedangkan strawberry finch yang sudah dewasa dapat dengan mudah kita bedakan jenis kelaminnya karena burung jantan dan betina secara fisik tampak tidak sama.

Pejantan Saat Musim Kawin
Strawberry finch jantan saat musim kawin
Perlu kita ketahui bahwa burung strawberry finch jantan pada saat musim kawin penampilannya berbeda dengan strawberry finch jantan di luar musim kawin. Pada saat musim kawin, strawberry finch jantan dapat kita lihat dengan ciri fisik sebagai berikut:
  1. Sebagian besar warna tubuh merah gelap dengan gradasi coklat kehitaman
  2. Warna sayap dan ekor coklat kehitaman.
  3. Pada bagian sisi tubuh dan sayapnya terdapat bintik putih kecil. Jumlah bintik tersebit lebih banyak daripada bintik putih si betina.
  4. Paruh berwarna merah.
Nah, karena ciri fisik pejantan sebagian besar warna bulunya merah gelap tersebut maka kita tidak akan mengalami kesulitan dalam membedakan jenis kelamin burung finch jantan yang memasuki musim kawin.

Pejantan di luar Musim Kawin

Berbeda dengan strawberry finch jantan saat musim kawin, straberry finch jantan diluar musim kawin memiliki penampilan bulu yang hampir menyerupaik straberry finch betina. Strawberry finch jantan diluar musim kawin meiliki ciri fisik sebagai berikut:
  1. Sebagian besar bulu bagian atas berwarna kecokelatan. Terkadang masih ada sebagian yang merah namun tidak dominan. 
  2. Bulu sayap berwarna coklat dengan bintik putih yang jumlahnya lebih banyak daripada bintik putih strawberry finch betina.
  3. Bagian bulu yang ada di bawah perut dan di atas ekornya berwarna merah gelap.
Strawberry finch jantan di luar musim kawin
Memang secara penampilan burung strawberry finch jantan di luar musim kawin memiliki penampilan mirip dengan strawberry finch betina. Namun bukan berarti proses indentifikasi kelamin tidak bisa dilakukan.

Kita bisa melakukan identifikasi jantan dan betinanya dengan melihat ciri strawberry finch di luar musim kawin seperti yang telah saya sebutkan diatas.

Disamping itu burung strawberry finch jantan biasanya lebih aktif bernyannyi  dengan suara yang lebih keras daripada strawberry finch betina. Dan apabila kedua burung tersebut kita dekatkan maka tampak sekali perbedaan jantan dan betinanya, seperti si-betina yang hanya memiliki sedikit bintik putih di bagian sayapnya.

Strawberry Finch Betina
Nah, setelah kita tahu perbedaan khusus burung strawberry finch jantan baik di musim kawin maupun di luar musim kawin, sekarang kita bahas mengenai ciri khusus strawberry finch betina. Berikut ciri-cirinya:
  1. Bagian bawah tubuhnya berwarna kuning tua abu-abu.
  2. Bagian atas dan sayapnya berwarna coklat.
  3. Tunggir berwarna merah.
  4. Terdapat sedikit bintik putih pada bagian sayapnya.
  5. Bagian iris berwarna coklat.
  6. Paruh berwarna merah.
  7. Kakinya berwarna merah daging.
Strawberry Finch Jantan & Betina
Demikian informasi mengenai cara Membedakan Kelamin Jantan/Betina Strawberry Finch. Walaupun ulasan yang telah kami paparkan ini sangat singkat namun kami berharap informasi ini bisa berguna dan menjawab kesulitan kita saat membedakan masalah sexing burung strawberry fich tersebut. Salam Finch Mania....Wassalam.  [Red.Burung Finch: 2/2016]



Lebih baru Lebih lama