Finch

Bondol Hijau Dada Merah/Bondol Hijau Bambu

Burung Finch - Diantara beberapa genus dari burung finch adalah genus Erythrura. Genus Erythrura ini ternyata terdapat banyak sekali spesies,.Diantara spesies-spesies dari genus Erythrura, ada 5 spesies diantaranya tersebar di wilayah nusantara yaitu; Bondol hijau dada-merah (Erythrura hyperythra), Bondol hijau binglis (Erythrura prasina, Bondol hijau triwarna (Erythrura tricolor), Bondol hijau muka-biru (Erythrura trichroa), dan Bondol hijau papua (Erythrura papuana).

Nah pada kesempatan kali ini admin akan mengajak sobat pecinta burung finch untuk mengenali lebih jauh satu dari 5 spesies Erythrura yang terdapat di Indonesia tersebut yakni Bondol hijau dada-merah (Erythrura hyperythra). Bondol hijau dada-merah (Erythrura hyperythra) termasuk burung yang mudah beradaptasi dan tahan dengan segala kondisi alam. Akan tetapi perlu diketahui bahwa burung tersebut keberadaannya semakin langka akibat dari prilaku manusia yang telah merusak habitat asli burung ini dan juga perburuan liar untuk diperjual-belikan.

Ciri fisik Bondol hijau dada-merah (Erythrura hyperythra)
Apabila diamati dari segi fisiknya, Bondol hijau dada merah alias Tawny Breasted Parrotfinch (Erythrura hyperythra) ini cukup imut dan mungil dari sisi ukurannya. Burung ini memiliki panjang sekitar 10 cm. Warna bulunya sebagian besar hijau. Sedangkan pada bagian bulu sayapnya berwarna cokelat tua. Pada bagian depan kepalanya ada kombinasi warna biru. Untuk lebih jelas berikut ini adalah gambar daripada Bondol Hijau Dada Merah/Tawny Breasted Parrotfinch (Erythrura hyperythra)

Bondol Hijau Dada Merah/Tawny Breasted Parrotfinch
Di Indonesia konon terdapat paling tidak lima sub spesies dari Bondol Hijau Dada Merah/Tawny Breasted Parrotfinch. Dimana lima spesies tersebut namanya diklasifikasi berdasarkan wilayah penyebarannya. Empat diantara subspesies itu termasuk endemik Indonesia. Berikut adalah subspesies dari Bondol Hijau Dada Merah/Tawny Breasted Parrotfinch.
  1. Erythrura hyperythra hyperythra (wilayah penyebarannya di Pulau Jawa)
  2. Erythrura hyperythra intermedia (wilayah penyebarannya di wilayah Lombok, Sumbawa, Flores).
  3. Erythrura hyperythra borneensis (wilayah penyebarannya di pulau Kalimantan)
  4. Erythrura hyperythra microrhyncha (wilayah penyebarannya diwilayah Pulau Sulawesi)
  5. Erythrura hyperythra brunneiventris(wilayah penyebarannya didaerah Filipina).
Penangkaran Bondol Hijau Dada Merah/Tawny Breasted Parrotfinch
Dalam usaha penangkaran Bondol Hijau Dada Merah/Tawny Breasted Parrotfinch tidak terlalu rumit. Ini seperti halnya dengan merawat jenis burung finch lainnya. Bondol Hijau Dada Merah/Tawny Breasted Parrotfinch dapat kita tangkarkan dengan menggunakan kandang kecil maupun kandang koloni di aviary.

Yang perlu kita perhatikan adalah bagaimana agar burung tersebut tampak senang dan nyaman dalam kandangnya. Asupan makanan juga harus dipertimbangkan agar burung sehat dan fit. Biji-bijian yang biasa diberikat pada burung kenari, zebra finch, gould amadine sudah memenuhi syarat standar pakan Bondol Hijau Dada Merah/Tawny Breasted Parrotfinch.

Faktor terpenting disamping makanan dalam penangkaran Bondol Hijau Dada Merah/Tawny Breasted Parrotfinch adalah Sexing. Dalam membedakan jenis kelaminnya (sexing) perlu dipahami bahwa burung jantan ternyata memiliki warna yang lebih tegas dibandingkan warna bulu betina. Berikut adalah gambar jantan dan betina Bondol Hijau Dada Merah/Tawny Breasted Parrotfinch.

Bondol Hijau Dada Merah Jantan (bawah) dan Betina (atas)
Bondol Hijau Dada Merah/Tawny Breasted Parrotfinch dalam hal kicauannya tidak terlalu menjadi faktor dominan yang menjadikan kita tertarik memeliharanya namun keunikan dari warna burung ini ternyata telah banyak membuat orang jatuh hati untuk merawatnya.[Red. Burung Finch: Nov, 2016]

Lebih baru Lebih lama