Finch

Membedakan Kelamin Jantan Betina Gelatik Timor dan Penangkarannya

Burung Finch - Gelatik Timor atau Timor Dusky Sparrow merupakan jenis finch endemik di Nusa Tenggara Timor. Gelatik Timor masih berkerabat dengan gelatik jawa akan tetapi dimensi tubuh gelatik timor relatif lebih kecil yaitu memiliki panjang sekitar 5,5inch (14cm) dengan warna dominan coklat tua. Gelatik Timor memiliki dominan warna coklat tua dengan paruh berukuran agak besar berwarna biru pucat keperakan, warna kaki pink agak kehitaman, perut berwarna krem, dan memiliki tembong putih dipipinya seperti gelatik jawa.

Gelatik Timor/ Padda Fuscata

Gelatik Timor memiliki nama ilmiah Padda Fuscata. Burung ini merupakan burung endemik daerah kepulauan Timor dan sekitarnya yang termasuk NTT, Pulau Roti dan Pulau Semau. Mereka menghuni padang rumput atau savana yang ada disana dan makanan utamanya adalah biji-bijian termasuk padi. Gelatik timor tersebar di area dataran rendah hingga dataran dengan ketinggian 720 mdpl. Seiring dengan meluasnya area pemukiman, habitat gelatik timor saat ini makin terbatas. Hal ini menyebabkan gelatik timor mengalami kesulitan mencari sumber makanan. Disamping itu, populasi gelatik timor juga terancam punah karena sering diburu secara illegal untuk perdagangan burung. Oleh sebab itu status gelatik timor saat ini masuk kedalam daftar merah spesies yang terancam punah (IUCN) seperti halnya gelatik jawa.

Seperti halnya gelatik jawa, biasanya gelatik timor hidup dalam kelompok kecil lebih kurang lima ekor. Dan seringkali juga terpantau bergabung dengan burung pemakan lainnya.

Perbedaan Jantan dan Betina

Gelatik Timor dan Gelatik Jawa merupakan spesies burung yang dianggap monomorfik secara seksual. Artinya sulit diidentifikasi berdasarkan analisis morfologi luarnya. Maka dari itu diperlukan pengamatan secara mendalam dan teliti agar bisa diambil kesimpulan mengenai jenis kelaminnya. Ciri-ciri yang paling mudah dilakukan adalah pengamatan perilaku burung dan bentuk paruh serta ekornya. Burung gelatik timor jantan usia dewasa memiliki suara lebih bervariasi dan aktif untuk menarik burung betina. Sedangkan burung betina cenderung monoton bersuara “chik..chic…chik” tanpa variasi.


Dilihat dari bentuk paruh, gelatik timor jantan memiliki ukuran paruh relatif lebih besar daripada paruh burung gelatik timor betina. Bila diamati dari bentuk bulu ekornya, bulu ekor burung jantan terlihat meruncing sedangkan burung betina cenderung tumpul.
   

Image source: www.birdbreeders.co.za


Penangkaran Gelatik Timor


Dikarenakan status gelatik timor saat ini masuk kedalam daftar merah spesies yang terancam punah (IUCN). Maka usaha penangkaran burung ini tidaklah semudah yang dibayangkan. Ada regulasi dan pastinya harus mendapatkan izin penangkaran resmi dari dinas terkait apabila kita memang serius untuk penangkarannya.

Untuk cara penangkaran sama halnya dengan gelatik jawa. Kita mesti memiliki setidaknya sepasang burung gelatik timor jantan dan betina yang sudah dewasa dan siap produksi. Dalam proses penjodohannya, kita hanya perlu memasukkannya kedalam kandang penangkaran. Untuk kandangnya bisa menggunakan kandang baterei dengan ukuran minimal 60 x 40 x 40 atau lebih besar. Didalam kandang harus dipasang gelodok dan disediakan rumput atau jerami untuk bahan sarang.

Sediakan nutrisi yang cukup untuk burung. Dari segi makanan berikan biji-bijian yang beragam seperti padi, millet, kenari seed, dan sebagainya. Untuk bahan asinan perlu disediakan tulang sotong, grid atau kulit telur. Berikan cacahan kangkung untuk mendongkrak birahi burung minimal seminggu dua kali. Akan lebih bagus lagi apabila setiap pemberian cacahan kangkung ditetesi WGO (wheat germ oil) agar proses penjodohannya akan lebih cepat dan berhasil bertelur. Untuk proses selanjutnya bisa membaca artikel kami yang berjudul Tips dan cara Beternak Gelatik Jawa karena antara gelatik timor dan gelatik jawa memiliki banyak persamaan baik dari jumlah telur maupun lama proses pengeramannya.

Demikian informasi mengenai Cara Membedakan Kelamin Jantan-Betina Gelatik Timor dan Penangkarannya. Semoga artikel ini bermanfaat. [Red. Burung Finch: 10/2023]

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama